Bagaimana Memulai ASP .Net ?

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah .NET. Pada tulisan ini akan dibahas tentang bagaimana melakukan setup development environment yang dapat menjalankan .NET.

ASP.NET dijalankan pada platform .NET Framework, jadi dengan kata lain bahwa sebelum “mendirikan” ASP.NET kita harus setting dasar-dasarnya dulu, yaitu .NET Framework. Dan setelah itu baru kita dapat mulai mendirikan aplikasi ASP.NET ataupun Windows Form dari .NET. Berikut ulasan singkat tentang apa dan bagaimana sebelum kita lebih jauh mengenal ASP.NET :

1. System Requirements
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek komputer yang akan dipakai, apakah sudah dapat diguanakan untuk membuat aplikasi .NET

  • Operating System: MS Windows 2000 Professional ataupun Server (direkomendasikan SP2), Windows Xp Professional atau Home Edition
  • MS Internet Explorer 5.5 atau yang lebih baru, atau FIREFOX (ini sebagai browser untuk menampilkan program hasil kompilasi)
  • Install IIS (berperan sebagai web sever, yang akan mengeksekusi script-script ASP.NET anda)
  • MS .NET Framework 1.1 (yang berisi berbagai Common language runtime, .NET Framework Library yang dibutuhkan dalam aplikasi .NET).

2. Development Tools
Development Tools adalah sebuah software programing language yang merupakan program pendukung dalam pembuatan aplikasi .NET anda. Ada beberapa pilihan dalam menentukan development tools.

  • MS Visual Studio 2003/2005, sudah tidak dapat di punkiri lagi bahwa tool ini yang paling “OK” diantara semua yang saya list di sini. MS VS merupakan pengembangan lebih lanjut dari MS Visual Studio 6 dengan pengarahan ke pemrograman berorientasi objek dan dengan konsep .NET. Dengan MS VS ini anda dapat trace dan debug program ASP.NET anda, tidak seperti ASP klasik sebelumnya yang tidak dapat di trace errornya (harus menggunakan “respose.write”). Dan tentunya dilengkapi dengan intellisense yang memudahkan anda pada saat coding. Jika anda ingin menggunakan tool ini sebaiknya komputer anda minumum menggunakan memory 256 dan CPU dengan kecepatan PIII. Feature terakhir namun yang paling berguna adalah anda dapat meng-compile program anda menjadi .dll sehingga client anda tidak dapat melihat code anda lagi seperti ASP klasik.
  • Macromedia Dreamweaver MX/2004/8, untuk Tool yang ini tidak kalah menarik, pada bagian editor juga ada intellisense untuk ASP.NET. Hanya saja tidak tersedianya fasilitas tracing program. Bagi anda yang menggunakan komputer dengan requirement PII lebih baik menggunakan tool ini, karena akan mempercepat pada saat anda melakukan development.
  • Web Matrix, tool yang kecil dan free. Ini merupakan beberapa tool buatan micreosoft yang bersifat FREE, tapi tentunya anda harus tahu jika Microsoft memberikan sesuatu degan FREE, pasti ada kekurangannya, dan cukup banyak.
    Pertama, tidak ada intellisense, tidak dapat di tracing program, hanya editornya saja yang di lengkapi dengan warna warni. Keunggulannya adalah adanya class browser. Bagi anda yang kecepatan koneksi internetnya cukup tinggi dapat lihat di website microsoft, tetapi jika tidak maka anda disarankan menginstall Web Matrix ini sehingga dapat menggunakan class browser yang sangat berguna itu. Jadi dapat disimpulkan Tool ini dijadikan sebagai bagian dari referensi anda.
  • Notepad, nah ini dia tool yang paling simpel dan sangat sederhana, juga dapat digunakan tidak hanya untuk penulisan ASP.NET.Notepad merupakan aplikasi kecil yang tidak terlupakan, selalu berguna dari dulu hingga sekarang. Pada pemrograman ASP klasik, HTML, JAVA, Javascript, PHP aplikasi ini juga masih dapat digunakan. Namun jika anda sudah advance di pemrograman .NET notepad selalu is the best. Atau jika anda berada jauh dari komputer pribadi anda maka tool ini dapat digunakan.


3. Komponen Optional
Untuk komponen yang optional ini berhubungan dengan database.

  • Anda dapat menggunakan ACCESS, MYSQL, ORACLE ataupun SQL Server. Namun untuk development ada 1 lagi aplikasi SQL yang lebih kecil, yaitu MSDE engine. Aplikasi ini FREE, sehingga anda tidak perlu menginstall SQL Server. Namun MSDE ini hanya dapat di gunakan untuk development, karena pada saat aplikasi anda di hosting tidak dapat menggunakan aplikasi ini lagi.
    Untuk mendownload MSDE dapat diklik di sini :

http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?

familyid=413744d1-a0bc-479f-bafa-e4b278eb9147&

displaylang=en

Jadi sekilas dapat kita lihat bahwa tidak terlalu rumit dalam memulai ASP.NET.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: